Koperasi Kredit (Kopdit) Betang Asi

 

Koperasi Kredit (Kopdit) Betang Asi






Koperasi Kredit (Kopdit) Credit Union Betang Asi yang berkantor pusat di Jl Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kopdit Credit Union Betang Asi yang dibangun atas dasar cita-cita ingin mensejahterakan mereka yang terpinggirkan secara ekonomi telah membuahkan hasil. Dengan keberhasilannya itu tanpa perjuangan berat, tersandung, dan jalan terseok-seok pernah dialaminya. Itu semua karena ada orang-orang yang mau bekerja keras dan memiliki dediksi tinggi. Dari sejarah itu dapat dijadikan cerminan intropeksi diri untuk membangun semangat kerja sama, kerja cerdas, tegas, inovatif, dan mengedepankan sikap bijak.

Ketua Kopdit Credit Union Betang Asi, Ambu Naptamis Hanyi, SH,MH berkata:  “Banyak tantangan sudah kita lalui dengan semangat kebersamaan. Banyak pengalaman masa lalu menjadi pelajaran berharga. Kita belajar dari kekurangan, bukan dari kelebihan. Sehingga kekurangan itu menjadi lebih,”  untuk memotivasi para anggota saat dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-10 tahun buku 2013 di Wisma Soverdi Keuskupan Palangka Raya, 1 Februari 2014. Kopdit Credit Union Betang Asi telah berusaha sekuat tenaga untuk berkontribusi dan memberikan wadah bagi anggota, untuk memberdayakan dirinya bersama keluarga.

Kopdit Credit Union Betang Asi merupakan konsep koperasi barat yang dibentuk secara sukarela oleh orang – orang yang mempunyai persamaan kepentingan, dengan maksud mengurusi kepentingan para anggotanya serta menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi maupun perusahaan koperasi.

Pada tahun 2013 jumlah anggota Kopdit Credit Union Betang Asi  yang masuk tercatat 6261 orang sedangkan yang keluar berjumlah 3200 orang sehingga total anggota Kopdit Credit Union Betang Asi akhir tahun 2013 mencapai 35.019 orang. 

Di daerah Etnis Dayak, Kalimantan, nama produk-produk simpanan itu sangat membumi dan mudah diingat orang pedesaan sekalipun. Banyak produk-produk simpanan di Kopdit Credit Union Betang Asi yaitu; Simpanan Saham (Simpanan Wajib + Simpanan Pokok), Simpanan Duit Turus, Simpanan Mandau-mandau, Simpanan Balanga, Tabungan Anak Sekolah, Simpanan Lansia TUNGKEH, Tabungan Hari Raya dan Tahun Baru dan Tabungan Wisata.

Piutang anggota merupakan kegiatan utama Kopdit Credit Union Betang Asi agar anggota dapat bertumbuh dan dapat memenuhi kebutuhannya untuk mencapai kesejahteraan. Jumlah total piutang anggota Kopdit CU Betang Asi konsolidasi tahun 2013 sebesar Rp 431.937.145.225 atau 73% dari total aset. Tahun 2013 Kopdit Credit Union Betang Asi Konsolidasi telah mendistribusikan melalui pencairan piutang anggota sebesar Rp 24.969.812.000. Sedangkan angsuran piutang anggota pada tahun 2013 sebesar Rp 217.680.641.155,- atau sekitar 72,65% dari rata-rata pencairan piutang anggota setiap bulannya.
Mengelola bisnis di bidang keuangan resikonya adalah kredit macet dan kredit lalai pasti ada. Pertanyaannya, seberapa besar kredit lalai tunggakan piutang anggota, dan bagaimana kiat menekan seminim mungkin kredit lalai tersebut. Meneurut penjelasan pengurus, kredit lalai terbagi atas dua katagori, yaitu kredit lalai 1 – 2 bulan dan kredit lalai di atas 12 bulan. Untuk kredit lalai 1 – 12 bulan sebesar Rp 22.241.932.175 atau 93,47% dari total kredit lalai. Dan kredit lalai di atas 12 bulan sebesar Rp 1.553.283.150 atau 6,53%. Total kredit lalai Kopdit Credit Union Betang Asi konsolidasi per 31 Desember 2013 sebesar Rp 23.795.215.325 atau 5,51%. Diakui bahwa kredit lalai itu relatif tinggi dan tidak ideal dari piutang anggota. Karena rasio ideal dan standar PEARLS yang ditetapkan oleh ACCU lebih kecil dari 5%. Pengurus dan seluruh jajaran manajemen harus kerja lebih keras lagi agar tahun 2014 mampu memperkecil kredit lainya.
Kopdit Credit Union Betang Asi berusaha keras untuk menjalankan organisasi dengan tuntunan nilai-nilai, prinsip-prinsip serta aturan dan ilmu pengetahuan yang ada. Pengurus, pengawas, dan manajemen terus komit dan konsisten untuk memberikan pelayanan dan afirmasi kepada kelompok yang memang menjadi konsituen utama dan sasaran utama seperti yang ditunjukan oleh sejarah gerakkan credit union. Hal ini seturut dan sejalan dengan semangat yang diajarkan oleh Bung Karno; “Jangan sekali-sekali melupakan sejarah (Jasmerah)” kata Ambu penuh semangat.
Pelajaran tentang credit union, kata Antonius Anyu, telah mengubah pola pikir kita, bagaimana membangun investasi keuangan masyarakat. Tugas credit union adalah bagaimana melindungi investasi anggota, dan mendukung investasi anggota. Banyak yang hanya tahu berorganisasi, tetapi belum tentu tahu maknanya. 10 tahun sudah usia Betang Asi, tentu mulai berefleksi bahwa kesadaran masyarakat untuk menabung sudah jauh lebih baik.

Keraguan-keraguan pada masa lalu bahwa masyarakat tidak punya uang, di usia 10 tahun Credit Union Betang Asi, tidak terbukti. Faktanya sampai akhir Desember 2013 Betang Asi memiliki aset Rp 586,329 miliar. Langkah berikutnya, bagaimana memastikan bahwa para anggota Credit Union Betang Asi tidak hanya berinvestasi, tidak cukup uang. Kalau 10 tahun yang lalu diskusinya adalah bagaimana membuat orang punya tabungan Rp 1 miliar. Itu obsesi, memastikan bahwa menabung itu punya hebit. Hari ini dan sekarang juga harus memastikan bahwa uang itu dikelola dengan baik.

Credit Union harus membimbing masyarakat untuk lebih produktif. Misi Credit Union sejati adalah menolong sesama agar dapat menolong diri sendiri. Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Tengah Drs Hengky Kopdit Credit Union Betang Asi memiliki keunggulan khusus dibandingkan dengan koperasi lainnya, yaitu terletak pada keanggotaannya. Anggota mempunyai rasa kepemilikan dan kecintaan secara militan terhadap koperasinya sehingga mampu memotifasi mereka untuk menjadi anggota, berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab. Hal demikian terjadi karena anggota Kopdit Credit Union Betang Asi sejak dini, sebelum menjadi anggota koperasi telah mengikuti proses pendidikan. Hal demikian sejalan dengan salah satu prinsip koperasi, yaitu pendidikan perkoperasian.

Dari aspek permodalan Kopdit Credit Union Betang Asi sangat mandiri dan mampu mengelola sumber daya para anggota. Ini sebagai contoh bagi koperasi lain agar sejak pendirian koprasi sudah memiliki motivasi atau tujuan visi dan misinya. Kebanggaan dari Kopdit Credit Union Betang Asi telah mampu menunjukan kapasitasnya sebagai lembaga keuangan alternatif non bank yang keberadaannya sangat dibutuhkan dan telah dirasakan manfaatnya oleh para anggota. Hal ini dapat terlaksana karena adanya komitmen, dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di Kopdit Betang Asi.


Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penegakan Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia