Analisa Peranan Koperasi

1.      Pasar persaingan sempurna (perfect competitive market).

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya terjadi transaksi antara penjual dan pembeli dalam bentuk penawaran dan permintaan produk. Yang membedakan dari pasar biasa ialah di dalam sistem ini, transaksi yang dilakukan tidak dipengaruhi oleh naik turunnya harga.

2.      Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competitive market)

Pasar persaingan tidak sempurna adalah struktur pasar di mana penjual atau pembeli memiliki kekuatan pasar atas harga, yang mana mencegah pasar beroperasi di bawah persaingan sempurna. Karena memiliki kekuatan pasar, pelaku pasar seringkali berada dalam posisi untuk menyalahgunakan kekuasaan mereka, menaikkan harga, dan memanipulasi pasar untuk mengamankan keuntungan yang lebih tinggi.

Pasar persaingan tidak sempurna terbagi menjadi:

Ø  Pasar Monopoli adalah kondisi dimana terdapat satu penjual dan banyak pembeli dalam pasar. Contohnya : Pertamina, Telkom, Pln.

Ø  Pasar Monopolistik adalah suatu pasar yang didalamnya terdapat banyak produsen dalam menghasilkan barang yang sama tetapi masing-masing pada barang tersebut mempunyai perbedaan pada beberapa aspek.. Contohnya : Sabun, Shampo, Sepatu.

Ø  Pasar Oligopoli adalah pasar yang terdiri dari beberapa penjual. Contohnya : Rokok, Semen, Jasa Penerbangan.

 

A.    Ciri – ciri Pasar persaingan sempurna :

Ø  Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak

Ø  Produk yang dijual perusahaan adalah  sejenis(homogen)

Ø  Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar

Ø  Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna

Contoh barang yang dijual dalam pasar persaingan sempurna adalah beras, gandum, batu bara,dan kentang.

  

B.     Ciri – ciri Pasar Persaingan tidak sempurna :

Ø  Hanya terdapat sedikit penjual dengan sangat banyak pembeli

Ø  Harga ditentukan oleh penjual karena ada unsur monopoli sehingga interaksi ekonomi atau jumlah permintaan dan penawaran kurang berperan dalam pembentukan harga

Ø  Sulit untuk produsen atau penjual baru masuk ke dalam pasar

Ø  Barang dan jasa yang ditawarkan bervariasi tetapi akan sulit untuk mencari barang subtitusinya.

Contoh barang yang dijual dalam pasar persaingan tidak sempurna adalah Shampo khusus bayi, Handphone

 

 

 : SUMBER 

https://accurate.id/ekonomi-keuangan/definisi-pasar-persaingan-sempurna/https://www.linovhr.com/pasar-persaingan-tidak-sempurna/

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penegakan Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia