Analisa Peranan Koperasi
1. Pasar persaingan sempurna (perfect competitive market).
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya terjadi
transaksi antara penjual dan pembeli dalam bentuk penawaran dan permintaan
produk. Yang membedakan dari pasar biasa ialah di dalam sistem ini, transaksi
yang dilakukan tidak dipengaruhi oleh naik turunnya harga.
2. Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competitive market)
Pasar persaingan tidak sempurna adalah struktur pasar di mana penjual atau pembeli memiliki
kekuatan pasar atas harga, yang mana mencegah pasar beroperasi di bawah persaingan
sempurna. Karena memiliki kekuatan
pasar, pelaku pasar seringkali berada dalam posisi untuk menyalahgunakan
kekuasaan mereka, menaikkan harga, dan memanipulasi pasar untuk mengamankan
keuntungan yang lebih tinggi.
Pasar persaingan tidak sempurna terbagi menjadi:
Ø Pasar Monopoli adalah kondisi dimana terdapat satu penjual dan banyak
pembeli dalam pasar. Contohnya : Pertamina, Telkom, Pln.
Ø Pasar Monopolistik adalah suatu pasar yang didalamnya terdapat
banyak produsen dalam menghasilkan barang yang sama tetapi masing-masing pada
barang tersebut mempunyai perbedaan pada beberapa aspek.. Contohnya : Sabun, Shampo, Sepatu.
Ø Pasar
Oligopoli adalah pasar yang terdiri dari beberapa penjual. Contohnya : Rokok, Semen, Jasa
Penerbangan.
A. Ciri – ciri Pasar persaingan sempurna :
Ø Adanya
penjual dan pembeli yang sangat banyak
Ø Produk
yang dijual perusahaan adalah sejenis(homogen)
Ø Perusahaan
bebas untuk masuk dan keluar
Ø Para
pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
Contoh barang yang dijual dalam
pasar persaingan sempurna adalah beras, gandum, batu bara,dan kentang.
B. Ciri – ciri Pasar Persaingan tidak sempurna :
Ø Hanya terdapat sedikit
penjual dengan sangat banyak pembeli
Ø Harga ditentukan oleh
penjual karena ada unsur monopoli sehingga interaksi ekonomi atau jumlah
permintaan dan penawaran kurang berperan dalam pembentukan harga
Ø Sulit untuk produsen atau
penjual baru masuk ke dalam pasar
Ø Barang dan jasa yang
ditawarkan bervariasi tetapi akan sulit untuk mencari barang subtitusinya.
Contoh barang yang dijual dalam
pasar persaingan tidak sempurna adalah Shampo khusus bayi, Handphone
: SUMBER
Komentar
Posting Komentar